Tour Belitung ke 10 Objek Wisata Paling Terkenal

  • Tour Belitung

    Tour Belitung dengan mendatangi 10 objek wisata paling terkenal berikut ini akan membuat kunjunganmu ke pulau yang terkenal sebagai salah satu penghasil timah terbesar di Indonesia ini akan terasa lebih sempurna.

    Tour Belitung
    Tour Belitung bersama Keluarga

    Tempat wisata atau destinasi liburan yang ada di Pulau Belitong (sebutan masyarakat Belitung) sebagian besar sangat unik dan ikonik. Sulit rasanya, menemukan tempat-tempat yang menarik seperti yang bisa kita jumpai di Pulau Belitung ini.

    Penasaran dengan beberapa objek wisata terkenal yang ikonik dan unik di Pulau Belitong, kamu bisa merencanakan perjalanan wisata sendiri ataupun bersama keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat berikut ini.

    Tour Belitung ke 10 Tempat Wisata Paling Terkenal

    1. Pantai Laskar Pelangi (Pantai Tanjung Tinggi)

    Pantai Laskar Pelangi Tanjung Tinggi Beach Belitung
    Pantai Tanjung Tinggi Belitung

    Hampir semua orang menyukai pantai. Pemandangan alamnya yang indah, suara debur ombak yang menenangkan, angin yang bertiup kencang, hingga lembutnya pasir pantai adalah sejumlah alasan mengapa pantai kerap dipilih untuk mengisi hari libur.

    Di Indonesia sendiri, ada banyak pantai-pantai indah yang terkenal dan populer, seperti Pantai Kuta di Bali, Pantai Senggigi di Lombok, Pantai Pangandaran di Jawa Barat, Pantai Pink di Nusa Tenggara Timur (Pulau Komodo ), Pantai Air Manis di Sumatera Barat, hingga Pantai Laskar Pelangi di Pulau Belitung.

    Pantai tidak hanya menawarkan pemandangan indah tapi juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh maupun jiwa serta pikiran kita.

    Menurut para ahli kesehatan, setidaknya ada 9 manfaat yang bisa kita peroleh jika pergi ke pantai, diantaranya adalah:

    1. Suasana di pantai bisa membantu mengurangi stres dan memberikan perasaan rileks
    2. Pasir pantai bisa dimanfaatkan sebagai exfoliator alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati di kaki. Hanya dengan jalan-jalan di atas pasir tanpa alas kaki bisa membuat kaki jadi lebih halus
    3. Pantai bisa menjadi tempat terbaik untuk berolahraga karena udaranya yang sangat sehat
    4. Angin pantai yang bertiup semilir juga bisa membantu meningkatkan kadar hormon serotonin di dalam otak yang berperan dalam meningkatkan perasaan bahagia hingga membuat tidur kita lebih nyenyak di malam hari
    5. Air laut terbukti bisa membantu menghilangkan racun di dalam tubuh dan mengurangi pertumbuhan jamur pada kulit
    6. Suasana di pantai selalu bisa membangkitkan mood dan mengenyahkan depresi
    7. Air laut bisa membantu mempercepat proses pemulihan luka dan menghilangkan bakteri dari kulit
    8. Air laut bahkan bisa menjadi shampoo alami terbaik untuk rambut, yang akan membuatnya jadi lebih sehat
    9. Kondisi di pantai yang terbuka dan terekspos matahari akan membuat kita lebih banyak terkena sinar matahari. Itu artinya, akan lebih banyak vitamin D yang bisa kita peroleh saat main-main ke pantai

    Jadi, kalau kamu memutuskan untuk pergi liburan ke pantai, jangan puas hanya dengan duduk-duduk atau jalan-jalan. Sebisa mungkin, isi kegiatan di pantai dengan berenang atau mandi hingga bermain pasir.

    Untuk bisa mewujudkan kegiatan kegiatan seru tersebut, kamu perlu memilih pantai yang benar-benar aman dan menawarkan pemandangan yang indah.

    Dari sekian banyak pilihan pantai di Indonesia, Pantai Laskar Pelangi yang ada di Pulau Belitung adalah salah satu yang memenuhi kriteria.

    2. Wisata Belitung ke Kampoeng Ahok

    Kampoeng Ahok adalah salah satu objek wisata di Belitung yang cukup diminati oleh wisatawan. Meskipun saat ini sudah berganti nama menjadi Kampoeng Fifi, namun objek wisata ini tetap memiliki banyak peminat.

    Lalu, apa yang akan kita temui di tempat ini?

    Sebagai salah seorang tokoh nasional yang cukup terkenal dengan sepak terjangnya ketika menjadi gubernur Jakarta, nama Ahok menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

    Dikenal sebagai tokoh yang jujur dan berani, maka tidak mengherankan apabila banyak orang yang penasaran dengan kisah hidup beliau.

    Karena banyak traveler yang tahu kalau Ahok lahir di Belitung Timur, tepatnya di Manggar, maka banyak diantara mereka yang penasaran dan ingin mengetahui seperti apa sih kampung tempat kelahiran atau tempat tinggal Ahok dulu?

    Karena itulah, Fifi (adik kandung Ahok) bersama anak-anak Ahok membangun replika rumah keluarga besar mereka dahulu, yang kemudian diberi nama Kampoeng Ahok. Saat ini sudah berganti nama menjadi Kampoeng Fifi.

    Objek wisata ini adalah sebuah rumah panggung yang berbentuk rumah khas Belitung, yang terbuat dari kayu dengan balutan warna coklat.

    Memasuki rumah tersebut, kita akan menemukan suasana khas rumah zaman dahulu yang beralaskan tikar lengkap dengan interior yang sangat khas.

    Tak hanya itu, berkunjung ke rumah Ahok juga akan membuatmu berkenalan dengan berbagai kebudayaan khas Belitung seperti batik Belitung serta memberikan kesempatan lebih besar untuk mengenal lebih dekat Ahok yang kini hanya mau dipanggil BTP dan keluarganya melalui foto-foto yang tergantung di dinding.

    3. Tour Belitung Makin Berkesan dengan Mengunjungi Museum kata Andrea Hirata

    Museum Kata Andrea Hirata
    Museum Kata Andrea Hirata Pulau Belitung

    Alamat museum kata Andrea Hirata berada di Jalan Laskar Pelangi No 7, Gentong, Belitung Timur. Lokasinya cukup mudah dijangkau dan dekat dari beberapa objek wisata populer di Belitung.

    Apabila kamu jalan-jalan ke Belitung dengan menggunakan jasa tour and travel yang menawarkan berbagai pilihan paket wisata, hampir bisa dipastikan bahwa Kampoeng Ahok, Pantai Laskar Pelangi, hingga Museum Kata Andrea Hirata tidak akan terlewatkan.

    Kamu sudah tahu kan, siapa itu Andrea Hirata?

    Bagi kamu yang belum tahu, Andrea Hirata adalah penulis novel Laskar Pelangi yang filmnya begitu populer pada tahun 2008 lalu.

    Karena film besutan sutradara Riri Riza ini, maka banyak orang yang mulai mengenal keindahan wisata alam di Belitung, terutama Pantai Tanjung Kelayang dan Pantai Tanjung Tinggi yang belakangan lebih populer disebut Pantai Laskar Pelangi.

    Ngomong-ngomong soal Andrea Hirata, Novelis terkenal ini sebenarnya adalah orang Belitung asli. Karena sejatinya, Andrea Hirata lahir di Kecamatan Gantung, Belitung Timur, pada tanggal 24 Oktober 1967.

    Popularitas buku dan film Laskar Pelangi menginspirasi Andrea Hirata untuk membangun sebuah museum sastra yang kemudian diberikan nama Museum Kata Andrea Hirata. Tujuan pembangunan museum ini adalah untuk menginspirasi generasi muda Indonesia terutama anak-anak Belitung agar mereka berani bermimpi seperti mimpi para Laskar Pelangi.

    Di Museum ini, terdapat lebih dari 200 literatur seni, arsitektur, musik, hingga perfileman yang dapat kita jumpai dan saksikan. Disamping karya-karya Andrea Hirata, di sini juga akan kita jumpai karya-karya sastra penulis lokal maupun luar negeri.

    Dan yang tak kalah menarik, di museum ini terdapat berbagai macam benda-benda yang ada berkaitan dengan film Laskar Pelangi seperti foto, buku-buku, pernak-pernik khas Belitung, hingga ruang belajar untuk anak usia dini.

    4. Liburan ke Belitung wajib ke Pulau Lengkuas dan naik ke mercusuar-nya yang ikonik

    Tour Pulau Lengkuas Belitung
    Tour ke Pulau Lengkuas Belitung

    Rekreasi atau piknik dengan mengunjungi tempat-tempat yang indah dan menawarkan ketenangan sangat kita butuhkan di era modern ini. Betapa tidak, hampir setiap hari kita bergaul dengan gadget, kesibukan, tugas, hingga deru mesin yang kerap membuat tekanan darah jadi naik.

    Faktor stres tidak dipungkiri, adalah penyebab utama tekanan darah tinggi dan berbagai komplikasi atau penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular, terutama jantung.

    Dengan pergi piknik atau berwisata, kita memiliki kesempatan untuk meredakan sedikit intensitas kesibukan yang saban hari kita lakukan. Atau, melupakan sejenak tugas-tugas yang kerap membuat kita merasa tertekan.

    Pergi liburan ke tempat-tempat yang tenang, merupakan alternatif terbaik untuk menghilangkan sejenak suara-suara mesin kendaraan yang setiap hari “bernyanyi” di telinga dan meninggalkan kesibukan atau rutinitas harian yang cenderung monoton serta membosankan.

    Apabila kamu mendambakan sebuah tempat yang tenang dan bisa dijadikan sebagai tujuan refreshing dan jauh dari hingar bingar suara mesin atau keramaian, kamu wajib mempertimbangkan traveling ke Belitung dengan mengunjungi destinasi wisata terkenal seperti Pulau Lengkuas atau Pulau Leebong.

    Pulau Lengkuas merupakan salah satu ikon wisata Pulau Belitung. Di tempat ini, selain terdapat pantai yang unik dan cantik dan berbagai snorkeling spot yang mempesona. Di pulau cantik ini juga terdapat sebuah mercusuar peninggalan Belanda yang hingga saat ini masih berfungsi.

    Di tempat yang indah dan tenang ini, kita bisa merasakan kedamaian dan suasana yang akan membuat jiwa merasa lebih tentram.

    Puas bermain di pantai atau berenang dan snorkeling di sekitar pulau, kamu juga bisa menaiki mercusuar untuk mendapatkan view yang lebih luas dan dramatis.

    Pulau Lengkuas merupakan destinasi wisata yang hampir tak pernah Terlewatkan oleh wisatawan setiap kali melakukan Island hopping, baik melalui open trip ataupun saat jalan-jalan menggunakan paket wisata Belitung.

    5. Pantai Burung Mandi adalah tempat wisata terkenal di Belitung

    Pantai Burung Mandi Tour Belitung
    Pantai Burung Mandi di Belitung

    Banyak yang menyebut Pantai Burung mandi sebagai ancolnya Belitung. Pantai yang indah ini berada di Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur. Jaraknya kurang lebih sekitar 20 km dari Manggar sebagai ibukota Belitung Timur.

    Belitung merupakan pulau yang banyak memiliki pantai pantai cantik dan unik. Saya katakan unik karena, rata-rata pantai di pulau ini dihiasi batu-batu granit berukuran besar, yang tidak sedikit diantaranya berukuran cukup besar–bahkan ada yang sebesar rumah.

    Selain Pantai Laskar Pelangi, Pantai Burung mandi merupakan salah satu objek wisata yang kerap ditawarkan oleh para penyedia paket liburan sebagai destinasi dalam itinerary yang mereka sediakan.

    Selain dikenal sebagai pantai yang indah di Belitung, tempat ini juga sangat mudah dijangkau. Sehingga tidak begitu mengherankan apabila saban hari, terutama di akhir pekan, pantai Belitung ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal.

    Pasirnya berwarna putih, kontur pantainya sangat landai, ombak laut-nya tidak terlalu besar, pemandangan di sekelilingnya sangat indah, dan terasa semakin sempurna berkat kehadiran perahu-perahu nelayan yang banyak tertambat di pesisir.

    Tidak jauh dari pantai burung mandi, terdapat beberapa objek wisata lain yang juga kerap dijadikan sebagai bagian dari itinerary Belitung Tour. Termasuk diantaranya adalah Vihara Dewi Kwan Im yang akan kami bahan di bawah nanti.

    6. Tour Belitung ke Pantai Tanjung Kelayang

    Liburan Keluarga ke Belitung di Pantai Tanjung Kelayang
    Liburan Keluarga ke Pantai Tanjung Kelayang

    Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai yang pasti tidak akan kamu lewatkan. Pasalnya, pantai ini  merupakan pantai indah lainnya yang digunakan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi di samping Pantai Tanjung Tinggi.

    Tidak jauh dari pantai ini, terdapat sebuah pulau yang dihiasi puluhan batu granit berukuran besar, yang salah satunya mirip dengan kepala burung garuda, dan telah dibahas pada poin nomor 5.

    7. Vihara Dewi Kwan Im Belitung

    Vihara Dewi kwan Im Belitung
    Vihara Dewi kwan Im Belitung

    Menyaksikan sebuah Vihara di Pulau Belitung sebenarnya bukanlah hal aneh. Mengingat pulau ini sejak zaman dahulu hingga sekarang banyak dihuni oleh keturunan etnis Tionghoa yang yang sebagian besar beragama Budha.

    Saat berada di Belitung, selain mengunjungi rumah adat, museum, atau objek wisata terkenal lainnya, rekreasi atau tamasya ke Vihara Dewi Kwan Im yang merupakan kuil tertua di Pulau Belitung juga bisa dipertimbangkan.

    Vihara ini sudah berumur lebih dari 200 tahun karena sudah ada sejak tahun 1747. Tempat peribadatan umat Buddha ini berlokasi di Desa Burung Mandi, Kecamatan Manggar, Belitung Timur.

    Bangunan ini sendiri berada di ketinggian (perbukitan). Sehingga, bagi kita yang datang berkunjung, selain harus menaiki anak tangga yang berjumlah tidak kurang dari 80 anak tangga, kita pun akan dihibur dengan pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona.

    8. Wisata Belitung dengan mengunjungi Pulau Leebong di Belitung Selatan

    Paket Tour Belitung 1 Hari Leebong
    Paket Tour Belitung ke Pulau Leebong

    Di bagian atas, saya sudah menyinggung tentang Pulau Leebong yang seharusnya menjadi salah satu destinasi wajib saat traveling ke Belitung. Saya katakan demikian karena pulau kecil ini, merupakan tempat terindah dan paling tenang di Belitung yang pasti bisa bikin kamu terpesona dan merasakan ketenangan.

    Sepintas, pulau ini mengingatkan kita pada Gili Trawangan yang ada di pulau Lombok. Meskipun, suasana di Pulau Leebong tidaklah semeriah di Gili Trawangan. Begitu juga dengan akomodasinya seperti resort maupun hotel serta fasilitas lainnya. Pulau Leebong jelas masih kalah lengkap jika dibandingkan dengan Gili Trawangan di Lombok.

    Tapi, ketenangan suasana yang ditawarkan oleh Leebong Island jelas tidak akan dimiliki oleh Gili Trawangan. Tempat ini cocok sekali di jadikan sebagai tujuan refreshing atau tour karena keindahan alam serta objek wisatanya yang yang menarik, berupa pantai-pantai cantik hingga snorkeling dan diving spots.

    Jika ingin lebih hemat, kamu bisa piknik ke sini menggunakan Paket Wisata Pulau Leebong yang ditawarkan dengan harga mulai 500 ribuan per orang.

    Paket wisata 1 hari Pulau Leebong tidak hanya menawarkan keindahan alam serta objek wisata di pulau kecil ini. Tapi, juga akan memberikanmu kesempatan lebih besar menikmati tempat-tempat wisata terkenal di Belitung. Semisal, Pulau Lengkuas, Pulau Burung Garuda, Pulau Kepayang, dan pulau-pulau kecil lainnya yang kerap dijadikan sebagai destinasi Island hopping.

    9. Danau Kaolin adalah objek wisata alam yang unik dan menarik

    Wisata Danau Kaolin Belitung
    Objek Wisata Danau Kaolin di Belitung

    Di paragraf pertama saya telah menyinggung soal tambang timah. Saya mengatakan bahwa Belitung merupakan salah satu tambang timah terbesar di Indonesia. Karena memang, pulau ini kaya akan timah.

    Penambangan timah di Pulau ini kerap meninggalkan bekas-bekas yang hingga saat ini masih dapat kita saksikan. Salah satu tempat penambangan timah yang sangat terkenal, yang hingga sekarang bekasnya masih dapat kita lihat dan menjadi tempat wisata adalah (Danau) Open Pit.

    Selain kaya akan timah, pulau yang cantik ini juga ternyata kaya dengan kaolin. Sehingga tak mengherankan apabila di Belitung ada tempat penambangan kaolin. Bekas penambangan kaolin di Belitung membentuk ceruk (danau) raksasa, yang oleh masyarakat setempat dijuluki Danau Kaolin.

    Apa itu kaolin? Sebagian dari kamu mungkin banyak yang belum familiar dengan istilah kaolin dan manfaatnya.

    Kaolin adalah semacam tanah lempung atau tanah liat yang banyak dimanfaatkan sebagai obat diare juga kerap digunakan untuk mengobati radang kulit.

    Kandungan kaolin yang terdiri atas tanah liat serta sejumlah kecil material seperti besi, yang berwarna agak keputih-putihan, juga kerap dijadikan sebagai bahan antibiotik atau krim antiseptik.

    Di Belitung, tepatnya di Desa Air Raya, Tanjung Pandan, sisa penambangan kaolin membentuk danau berukuran raksasa yang kemudian dijadikan sebagai objek wisata oleh masyarakat sekitar.

    Selain karena proses terbentuknya yang memiliki cerita tersendiri, warna air Danau Kaolin yang kebiru-biruan sangat kontras dengan putihnya warna tanah di sekitarnya.

    Pemandangan unik tersebut membuat Danau Kaolin menjadi salah satu destinasi wisata unik sekaligus eksotis. Sepintas, pemandangan di tempat ini mengingatkan kita pada Danau Ciwidey yang ada di Bandung.

    10. Trip Belitung ke Batu Burung Garuda yang Instagenic

    Tour Belitung ke Batu Burung Garuda
    Tempat Wisata Batu Burung Garuda Bangka-Belitung

    Tempat wisata ini tidak begitu sering didatangi untuk disinggahi, melainkan banyak wisatawan yang hanya tertarik untuk berpose dari kejauhan dengan latar belakang Batu Burung Garuda.

    Tidak mengherankan, karena batu granit yang membentuk kepala burung garuda yang terlihat sangat unik dan menarik ini hanya akan membentuk siluet burung garuda dari sudut pandang tertentu.

    Dari perspektif yang tepat, kita tidak hanya bisa menyaksikan siluet kepala burung garuda, melainkan lengkap dengan tubuhnya yang terlihat seolah-olah sedang mengerami telur.

    Tour Belitung dengan mendatangi sejumlah objek wisata di atas akan membuat kunjungan wisatamu ke Belitung jadi lebih berkesan dan terasa lebih lengkap.

    Jika masih penasaran dengan beberapa objek wisata, mulai sekarang kamu bisa merencanakan liburan ke Belitung dengan memanfaatkan paket wisata yang tersedia. Baik itu paket wisata 1 hari (one day trip) ataupun paket wisata 3 hari 2 malam (3D2N) hingga wisata 4 hari 3 malam (4D2N).

Leave a comment

If you want to share your opinion, leave a comment.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

WhatsApp chat